Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri Lebaran hari raya idul fitri merupakan malam yang sangat bersejarah bagi seluruh anak islam di dunia, karena pasti disetiap lebaran idul fitri selalu ada moment yang tidak mungkin terlupakan di setiap tahunnya. Selain mempunyai baju baru, celana baru dan sepatu baru, pada hari ini juga biasanya anak anak mengantongi banyak uang hasil dari pemberian dari saudara saudari yang sudah dewasa.

Tidak hanya anak anak saja yang mempunyai moment yang sangat indah, tapi orang dewasa juga pasti mempunya moment yang tidak kalah menarik, karena bisa mendapat THR atau tunjangan hari raya, yang mana biasanya sama dengan satu bulan gaji. Jadi merekka bisa berbelanja sepuasnya dengan uang tak disangka sangka.

Selain itu ada juga yang mempunyai moment baru seperti puasa dan lebaran tahun kemarin masih sendiri, sedangkan tahun ini sudah bersama pasangan dan anak yang dicintai. Namun dengan adanya semua itu semoga semua amal ibadah dan doa yang kita panjtkan pada bulan ramadhan bisa diterima oleh Allah SWT. Amiin

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri


Namun terlepas dari itu semua, pada hari raya idul fitri kita disunnahkan untuk mengerjakan sholat sunnah ied atau idul fitri, yang mana sholat sunnah ini berbeda dengan sholat sunnah yang lainnya seperti sholat tahajud dan dhuha. Nah bagi yang tahun ini baru mengikuti sholat ied dan belum mengetahui bacaan niat sholat idul fitri beserta doa dan tata caranya, silahkan simak dibawah ini :

1. Membica niat sholat idul fitri, berikut bacaannya bagi imam dan ma'mum

Niat Sholat Idul Fitri Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Idul Fitri Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

2. Membaca takbirotul ihram (takbir pembuka shalat) dengan niat shalat idul fitri dalam hati.
3. Membaca doa iftitah
4. Membaca takbir 7 kali (selain takbirotul ihram) untuk rakaat kesatu, dan untuk rakaat kedua takbirnya 5 kali. disetiap takbir membaca tasbih, tahmid dan tahlil.
5. Membaca surah Al-Fatihah
6. Membaca satu surat Al-Quran
7. dilanjutkan seperti solat biasa, yaitu ruku', 'itidal, sujud dua kali dan duduk diatara sujud dua sampai tasyahud atau tahiyat akhir seperti sholat biasanya.

Namun Setelah kita mengumandangkan bacaan takbiran atau sebelum kita pergi untuk sholat idul fitri, kita juga disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu, yaitu mandi sunnah idul fitri, dan jangan lupa untuk memakai sampo dan minyak wangi karena itu juga termasuk kesunnahan yang dilakukan oleh Rasul Saw. Mungkin itulah sedikit coretan dari saya, semoga bermanfaat. Amiin
Advertisement