Bacaan Doa Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha Bahasa Arab Dan Artinya Puasa arafah adah puasa sunnah yang dikerjakan sehari sebelum lebaran hari raya idul adha, atau tepatnya pada tanggal 9 dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi seluruh umat islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, karena agar ikut merasakan kepayahan jemaah haji yang sedang melaksanakan wukuf dipadang arafah.

Sebenarnya bulan dzulhijjah adalah bulan yang sangat istimewa, karena pada bulan ini orang di seluruh dunia berkumpul di tempat yang paling mulia, yaitu makkatul mukarromah dan madinatul munawwaroh umtuk mengerjakan ibadah haji, jadi oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita bisa melaksanakan 2 hari puasa sebelum hari raya atau sholat idul adha yaitu puasa arafah dan tarwiyah dan juga bisa disebut puasa sebelum idul adha.

Akan tetapi kesunahan puasa di bulan dzulhijjah ini tidak tertuju hanya pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjah saja, melainkan pada tanggal 1 atau 9 hari awal bulan juga kita di anjurkan untuk mengerjakan puasa, berdasarkan hadis dibawah ini.

Doa Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha 2016 Bahasa Arab Yang Benar


ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Artinya : Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Selain kita akan mendapat pahala sunnah puasa, kita juga bisa membayar hutang puasa ramadhan atau puasa ganti ramadhan dengan catatan kita menggabungkan niatnya dengan niat puasa qadha ramadhan, terutama bagi para perempuan yang pas bulan ramadhan kebetulan sedang haid atau menstruasi.

Dan jika anda ingin mengetahui keutamaan puasa arafah dan tarwiyah berikut saya tulis beserta bacaan niat puasa arafah 9 dzulhijjah dan tarwiyah sebelum idul adha bahasa arab dan artinya.

صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُوْرَاَء يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Puasa hari Arafah menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dan puasa Asyura (10 Muharram) menebus dosa setahun yang telah lewat. (HR Ahmad, Muslim dan Abu Daud dari Abi Qotadah)

Niat Puasa Tarwiyah

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Latin : Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta'ala
Artinya : "Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala"

Niat Puasa Arafah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Latin : Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta'ala
Artinya : "Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala"

Dan ada lagi satu amalan yang harus kita lakukan pada hari saat kita puasa arafah, yaitu memperbanyak berdoa kepada Allah, dan doa pada hari ini adalah yang sebaik baiknya doa, karena dilakukan pada hari yang utama. Itulah sedikit penjelasan tentang niat puasa sebelum idul adha yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini kepada pembaca, semoga coretan diatas bermanfaat bagi semua pembaca. Amiin
Advertisement