Contoh Teks Pidato Singkat Memperingati Maulid Tentang Nabi Muhammad SAW

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Pidato Singkat Memperingati Maulid Tentang Nabi Muhammad SAW Hari kelahiran Nabi Muhammad Saw merupakan hari yang sangat menggembirakan untuk seluruh umat manusia yang ada di dunia, karena pada hari itulah titik awal mula akan hadirnya cahaya yang terang menderang yang akan menerangi seluruh alam semesta.

Dan juga memperingati Maulida nabi hukumnya adalah sunnah, karena dengan memperingati kelahiran Nabi Muhammad dan menceritakan sebahagian perjalanan dan perjuangan beliau akan sedikit menambah semangat juang dalam hati kita untuk selalu dan selamanya mengerjakan ibadah kepada Allah SWT.

Baiklah bagi yang sedang mencari referensi contoh teks pidato tentang memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw bisa dilihat dibawah ini :

Contoh Teks Pidato Singkat Memperingati Maulid Tentang Nabi Muhammad SAW


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati, dengan memuji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, karena pada kesempatan kali ini kita masih ditakdirkan oleh Allah bisa berkumpul dan bertatap mukda ditempat yang berkah ini tanpa ada halangan apapun, dan mudah mudahan dengan pertemuan pada malam hari ini bisa membawa berkah baik didunia dan juga akhirat.

Selanjutnya sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjunan kita nabi besar Muhammad Saw, karena beliau telah berhasil membawa agama islam yang penuh dengan rahmatnya.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia, kita berkumpul di tempat yang berkah ini insya allah akan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. Seperti yang sudah

kita tahu bahwa kelahiran Nabi Saw adalah bulan rabi'ul awwal, yang mana peristiwa yang sangat bersejarah harus kita peringati, karena dengan lahirnya Nabi  Saw lahir juga agama yang penuh dengan rahmat. Sehingga yang awalnya kita di alam jahiliyyah menjadi alam yang terang menderang sehingga bisa membedakan mana yang haq dan mana yang batil. Kita bisa membayangkan begitu rusaknya keadaan umat sebelum beliau lahir kealam dunia ini, wanita telah diperbudak lelaki, adat jahiliyyah memasyarakat, yang miskin tambah miskin yang kaya tambah kaya dan begiu seterusnya.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia

Setelah islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw, maka isi tatanan jahiliyyah bisa berubah dengan total menjadi adat yang islami.sehingga yang dulunya saling menindas akhirnya saling bantu membantu antara satu dengan yang lainnya. Perlu diketahui bahwa menurut sejarah islam, Nabi Muhammad Saw lahir tepat pada tanggal 12 rabul awwal tahun gajah yang bertepatan dengan 20 april tahun 571 masehi. Dinamakan tahun gajah, karena tempat lahir Nabi Saw, banyak tentara mengerndarai gajah yang hendak menghancurkan ka'bah, yaitu pasukan yang dipimpin oleh raja barahah. Tetapi tujuan yang jahat itu sama sekali tidak bisa dicapai, karena dihujani batu kerikil oleh buruk ababil dari neraka.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Nabi Muhammad Saw, lahir dalam keadaan yatim, karena kurang lebih 7 bulan ayahandanya wafat yaitu Sayyid Abdullah. Ibunya bernama Siti Aminah. Bagi kita umat islam yang terpenting dalam memperingati peristiwa ini, kita harus senan tiasa mencontoh budi pekerti Nabi Saw. Yang sangat mulia, sekaligus menjadi panutan orang orang yang menginginkan bertemu dengan Allah Swt. Dalam hal ini Allah berfirman Sebagai mana yang tercantum dalam surat Al Ahzab ayat 21 ;

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.


Demikian sambutan kami, bila terdapat kata kata yang kurang berkenan dalam hati, kami minta maaf yang sebesar besarnya.

Mudah mudahan yang saya sampaikan tadi membawa manfaat, Ihdinassiratal Mustaqiim. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Contoh pidato singkat tentang maulid Nabi Muhammad Saw diatas bisa dibawakan untuk pelajar juga untuk umum, dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Advertisement