Doa Akhir Dan Awal Tahun Baru Hijriyah Masehi Arab Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Akhir Dan Awal Tahun Baru Hijriyah Masehi Arab Latin Dan Artinya Selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT hukumnya adalah wajib, karena berdoa adalah salah satu ibadah hati yang Allah perintahkan kepada kita sebagaimana yang terdapat dalam Al Quran yang artinya : Berdoalah kalian semua kepadaku (Allah) niscaya aku akan mengijabahnya.

Begitupun dengan doa akhir tahun dan awal tahun ini, meski memang doa ini tidak ada contoh dari Nabi kita Muhammad SAW, karena memang semasa Nabi Muhammad hidup didunia belum ada tahun khusus bagi umat islam. Akan tetapi tidak ada salahnya dan malah sangat baik jika kita membaca doa setiap pergantian tahun dan juga dianjurkan oleh Para Ulam terdahulu.

Dan apakah doa awal tahun juga doa akhir tahun ini dikhususkan untuk tahun hijriyah saja ? menurut saya tidak ada salahnya jika membaca doa akhir tahun juga doa awal tahun ini pada tahun masehi, karena memang keadaan pada malam pergantian tahun atau tahun baru masehi sangatlah menghawatirkan, dimana hampir seluruh manusi di dunia terlelap dalam kegembiraan dan lupa kepada Allah SWT.

Doa Akhir Dan Awal Tahun


Dan oleh sebab itu bertepatan dengan keadaan orang orang yang sedang lupa kepada Allah kita sangat dianjurkan untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun guna untuk meminta perlindungan dari segala macam bencana yang mungkin saja bisa terjadi. Nah bagi yang sedang mencari Bacaan Doa Akhir tahun dan doa awal tahun silahkan simak dibawah ini :

Doa Akhir Tahun :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي السَّنَةِ الْمَاضِيَةِ وَلَمْ تَرْضَهُ وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَنِّيْ مَعَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلَيْكَ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْ لِيْ
اَللَّهُمَّ وَمَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَالْغُفْرَانَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
يُقْرَأُ ثَلَاثًا؛ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَقُوْلُ: تَعِبْنَا مَعَهُ طُوْلَ السَّنَةِ، وَأَفْسَدَ فِعْلَنَا فِيْ سَاعَةٍ وَاحِدَةٍ

BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM. WASHALLALLAAHU ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WA SHAHBIHII WASALLAM
ALLAAHUMMA MAA ‘AMILTU MIN ‘AMALIN FISSANATIL MAADHIYATI WALAM TARDHAHU WA NASIITUHUU WALAM TANSAHU WA HALUMTA ‘ANNII MA’A QUDRATIKA ‘ALAA ‘UQUUBATII WADA’AUTANII ILAT TAUBATI MINHU BA’DA JARAA`ATII ‘ALAIKA ALLAAHUMMA INNII ASTAGHFIRUKA MINHU FAGHFIR LII. WA MAA ‘AMILTU FIIHAA MIMMAA TARDHAAHU WA WA’ADTANII ‘ALAIHITS TSAWAABA WAL GHUFRAANA FATAQABBALHU MINNII WA LAA TAQTHA’ RAJAA-II MINKA YAA KARIIM YAA ARHAMARRAAHIMIIN. WASHALLALLAAHU TA’AALAA ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WA SHAHBIHII WASALLAM .

Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad keluarga, dan para sahabat beliau. Ya Allah, segala amal yang aku lakukan pada tahun yang telah berlalu, yang Engkau tidak meridhainya, aku melupakannya, Engkau memaafkanku padahal engkau berkuasa menyiksaku. Engkau menyeru aku bertaubat darinya sesudah aku lancang durhaka pada_Mu. Ya Allah, Sungguh aku mohon ampun kepada_MU darinya, Perkenankanlah Engkau mengampuniku. Ya Allah, segala apa yang aku lakukan dari hal-hal yang Engkau ridhoi, dan Engkau telah menjanjikan pahala dan pengampunan kepadaku, maka hendaklah Engkau terima dariku, janganlah Engkau memutuskan harapanku dari rahmat_Mu wahai Dzat Yang Mulia, Wahai Dzat Yang mengasihi diantara yang mengasihi. Semoga Allah Ta’ala mencurahkan rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan shahabat beliau. Dibaca tiga kali.Sesungguhnya syetan berucap: “Aku payah bersama dia sepanjang tahun, dia merusak pekerjaanku dalam sekejap”.

Doa Awal Tahun :

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ، اللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلأَمَّـارَةُ بِالسُّوْءِ وَاْلإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَ اْلإِكْرَامِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِه وصحبه اجمعين

Bismillaahir-rahmaanir-rahiimWa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa sahbihii wa sallam.
Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal, wa ‘alaa fadlikal-’azimi wa juudila-mu’awwali,wa hadzaa ‘aamun jadidun qad aqbala nas’alukal ‘ismata fiihi minasy-syaitaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haazihin-nafsil ammaarati bis-suu’i wal isytigaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa zal-jalaali wal-ikraami yaa arhamar raahimiin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa ‘alaa ‘aalihi wa ashaabihii wa sallamAmin yaa rabbal ‘alamin

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempatbergantung.
Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya.
Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW,beserta parakeluarganya dan sahabatnya.

Bacaan Doa Awal Tahun dibaca setelah adzan magrib pada tanggal terakhir bulan dzulhijjah  dan doa akhir tahun dibaca sebelum adzan magrib. Tapi doa diatas bisa juga kita baca ketika malam pergantian tahun masehi untuk meminta perlindungan kepada Allah.
Advertisement