Doa Setelah Adzan Dan Iqamah Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Setelah Adzan Dan Iqamah Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin Dan Artinya Adzan merupakan seruan langsung dari Allah kepada seluruh hambanya di dunia untuk segera melepaskan semua kegiatan yang dilakukan dan mengerjakan sholat fardhu yang sudah diwajibkan oleh Allah kepada seluruh hamba dan umat muslim tanpa terkecuali.

Dan disaat kita mendengar suara adzan kita wajib mengucap hamdalah ''Alhamdulillah hirabbil 'alamin'' sebagai tanda syukur kita kepada Allah karena telah diberi umur panjang sehingga sampai pada waktu sholat dan masih diberi kekuatan untuk mengerjakannya.

Begitu juga disaat kita sedang mendengarkan adan kita harus diam dan khusu' mendengarnya bahkan dikala kita sedang rapat sekalipun, karena itu merupakan suatu penghormatan kita kepada Allah dikala namaNYA dikumandangkan. Namun memang di negara kita belum ada peraturan seperti itu, tapi apa salahnya jika kita sebagai umat islam membiasakannya sendiri.

Doa Setelah Adzan Dan Iqamah Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin Dan Artinya


Bagi yang belum mengetahui bacaan doa setelah adzan dan iqamah, dibawah ini saya sajikan bacaanya lengkap beserta tulisan latin dan artinya. Silahkan disimak.


Bacaan Doa Setelah Adzan dalam Bahasa Arab

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHID DA'WATIT TAAMMATI WASHSHOLAATIL QOO-IMATI AATI MUHAMMADANIL WASHIILATA WAL FADHIILATA WASY SYAROFA WAD DARAJATAL 'AALIYATAR ROFII'ATA WAB'ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDAL LADZII WA'ADTAH INNAKA LAA TUKHLIFUL MII'AADA YA ARHAMAR ROOHIMIINA

Artinya : Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.

Bacaan Doa Sesudah/Setelah Iqomah dalam Bahasa Arab

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

AQOOMAHALLOOHU WA-ADAAMAHAA MAADAAMATIS SAMAAWAATU WAL-ARDLU

Artinya : Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi.

Bagi yang sering nongkrong depan televisi mungkin sudah sering mengdengar dan melihat doa setelah adan ini di setiap magrib dan subuh, tapi jangan hanya pada dua waktu tadi kita membacanya, kita juga harus membaca doa ini disetiap kali kita mendenagar adzan dimanapun kia berada. Semoga arikel ini bermanfaat. Amiin
Baca Juga Artikel  Doa Qunut
Advertisement