Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Sesuai Sunnah

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Sesuai Sunnah Membaca doa atau berdoa terlebih dahulu sebelum kita mengerjakan segala sesuatu adalah salah satu amal yang sangat dicintai oleh Allah dan Rasulnya, karena dengan kita berdoa terlebih dahulu itu menandakan bahwa kita sebagai hamba Allah yang lemah yang selalu memerlukan pertolongan dariNYA juga sebagai umat yang selalu turut pada sunnah Rasulnya.

Bacaan doa dalam agama yang paling agung dan yang sangat kita cintai ini banyak sekali doa sehari hari yang tidak kita hafal dikarenanakan mungkin sewaktu kecil kita jarang sekali pergi ke madrasah untuk belajar mengaji, ya termasuk saya yang malam ini sedang menulis artikel ini, banyak sekali doa sehari hari yang tidak saya hafal, dan dengan alasan itu saya sebagai umat islam ingin sedikit berbagi pada saudara saudari di seluruh dunia.

Dan saya berharap dengan adanya menulis artikel ini bisa menjadi amal baik yang diterima oleh Allah SWT bagi saya, keluarga dan bagi seluruh umat islam.

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Sesuai Sunnah


Setelah beberapa hari kebelakang saya menulis artikel tentang doa sholat tahajud yang lumayan cukup panjang dan beberapa doa sehari-hari lainnya pada kali ini saya akan membagikan doa yang lumayan sudah terlupakan, dalam arti jarang sekali umat islam pada jaman sekarang yang membaca doa terlebih dahulu sebelum mereka makan dan minum, mungkin rata rata hanya terhitung satu bulan dalam satu tahun yaitu pada waktu bulan puasa ramadhan.

Nah langsung saja dibawah ini saya tulis bacaan doa sebelum makan dan doa sesudah makan, minum lengkap dengan artinya lengkap sesuai sunnah.

Doa Sebelum Makan

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa Setelah/Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Doa Setelah/Sesudah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA'ALAHUU 'ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ'ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Namun akan sangat baik jika kita sebelum membaca doa sebelum makan dan doa sebelum minum diatas membaca basmalah terlebih dahulu, karena ada keterangan yang mengatakan bahwa apa apa yang tidak didahuli dengan basmalah maka perkara itu tidak akan sempurna.
Advertisement