Contoh Teks Khutbah Jum'at Tentang Maulid Nabi SAW

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Khutbah Jum'at Tentang Maulid Nabi SAW Mempunyai kewajiban untuk menjadi khotib pada saat sholat jumat merupakan salah satu hal yang mungkin bisa dibilang susah susah gampang, karena memang syarat dan rukun kutbah gampang, tapi yang jadi susah adalah saat kita memilih tema apa yang akan kita bawa saat kita jadi khotib.

Memang tidak apa apa jika kita membawakan khutbah yang sama setiap kali kita jadi khotib, akan tetapi mungkin kurang enak dihati juga para jemaah jumat pasti akan merasa heran kenapa tiap kali kita jadi khotib, materi khutbah na itu itu aja, jadi terdengar tidak kreatif.

Dan yang paling baik dan paling pas menurut para ulama adalah, perkataan apa saja yang paling baik adalah pembicaraan yang pas dengan situasi kondisi. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tulisan khutbah jumat tentang maulid nabi saw.

Contoh Teks Khutbah Jum'at Tentang Maulid Nabi SAW


Bagi yang membutuhkan silahkan disimak.

Khutbah Kesatu :


 إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اما بعـد
قال الله تعالى: اعوذبالله من الشيطان الر جيم
يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا


Para Ahli Jum'at yang dirahmati Allah..!!
Selagi bayi Nabi SAW sesudah disusui oleh ibunya disusui oleh siti halimah assa'diyah, beliau dibawa ke kampung bani saad yang jauh dari kota yang masih bersih dari pengaruh budaya asing yang tida sehat di waktu beliau belajar berbicara mendengar bahasa arab puhso yang asli dan belum tercampur  bahasa muarrob(bahasa asing yang di pakai bangsa arab) sehingga beliau adalah orang yang paling pasih ber bahasa arab seperti sabda beliau yang artinya aku yang paling pasih dalam berkata dod.

empat tahun beliau diam di kampung bani saad terus pulang ke mekah ke ibunda dan eyang nya kurang lebih dua thn beliau di rawat oleh ibunya dan pada waktu usia enam thn beliau di bawa ke madinah untuk berjiarah ke enyang eyang nya dari ibu dan ke makam bapa nya sayid abduloh di kampung bani najar madinah pada perjalanan pulang ke madinah bertepatan ibu siti aminah sakit parah sampai meninggal jenajahnya di kubur di mala kota mekah jadi kanjeng nabi yatim piatu tida punya ibu dan bapa terus beliau di rawat oleh eyang nya abdul mutolib sampai umur delapan thn terus pada umur dua lima tahun beliau nikah pada siti hodijah dan mempunyai tujuh putra putri :

Enam dari Siti Khodijah :
1. Sayid kosim
2. Siti jenab
3. Siti rukoyah
4 Umu kulsum
5. Siti patimah
6. Sayid abduloh
Dan yang satulagi adalah sayid ibrohim dari mariyah qibtiyah.

Selaku hotib saya mengajak kkhusus nya pada diri saya sendiri dan kepada saudara semua pada umumnya mari kita samasama meningkat kan ketakwaan dan mahabah kepada keluarga rosululoh saw sabda rosul saw yang artinya keluargaku seperti kapal nabi nuh barang siapa yang menaiki kapal pasti selamat dan barang siapa yang ketinggalan pasti celaka kita harus beribadah dengan dasar mahabah cinta kasih serta rindu dan pasti kamu termasuk golongan yang bersyukur.dan jika tida mampuh maka harus dengan cara memaksakan diri serta niat berjuang pasti kamu akan termasuk golongan yang bersabar termasuk menuruti sunat saw akan terasa nimat jika didasari dengan mahabah kepada Rasulullah SAW.


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
 بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِيِمْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Advertisement