Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap Latin Dengan Doanya Menurut Sunnah

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap Latin Dengan Doanya Menurut Sunnah Sholat jenazah adalah salah satu kewajiban bagi soerang muslim terhadap muslim yang sudah meninggal baik itu perempuan juga laki laki. Sholat ini hukumnya fardhu kifayah yang artinya kewajiban ini bisa diwakilkan terhadap orang yang sudah biasa dan mengerti tentang cara mengerjakannya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa ikut sholat jenazah atau mayit, karena apa salahnya jika kita belum tahu kita belajar dulu. Dan artikel yang akan share kali ini membahas tentang seputar niat doa tata cara sholat jenazah.

Jadi jika ada seorang muslim yang mati tidak harus semua orang yang mengurusi mayit itu, karena menurut logika juga hanya akan menambah repot dan bisa jadi mayit nya menjadi tersakiti. Jadi untuk mengurusi mayit dari mulai memandikannya sampai menguburkannya, jika kita tidak bisa lebih baik kita melihat dan  mengikuti orang yang sudah faham dengan ilmunya.

Cara Sholat jenazah ini berbeda dengan sholat fardhu dan sholat sunnah seperti biasa, mungkin sahabat semua juga sudah mengetahui cara nya, tapi ada satu hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu, yaitu perbendaan antara mayit perempuan dan laki laki.

Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap Latin Dengan Doanya Menurut Sunnah


Yaitu jika mayit yang kita solatkan adalah laki laki, maka seorang imam harus berdiri tepat di bagian kepala mayit, berbeda jika mayit nya perempuan, si imam harus berdiri tepat di tengah tengah mayit atau pas pinggang. Dan cara yang demikian itu adalah yang Rasul contohkan kepada kita seperti yang sudah dituliskan oleh para ulama di dalam kitabnya.

Beda jenis mayit yang kita sholat kan, maka niat sholat nya juga berbeda antara mayit perempuan, laki laki dan anak anak. Sama halnya dengan doa, beda sholat beda juga doa yang dipakai, seperti perbedaan anara doa sholat tahajud dan doa sholat dhuha. Tapi pada kesempatan kali ini saya tidak akan menulis bacaan niatnya, melainkan cara sholat jenazah lengkap dengan bacaan doanya. Bagi sahabat yang belum mengetahuiya, silahkan simak dibawah ini.

1. Mengucap niat dalam hati sembari Takbiratul ihram pertama. Dan setelah takbir kita membaca surat Al fatihah.

Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap Latin Dengan Doanya Menurut Sunnah
2. Takbir kedua dan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw, dengan sholawat ibrohimiyah. Seperti ini bacannya.

أللهم صَلِّ علي محمد وعلي ألِ  محمد كما صَلَيْتَ علي إبراهيم وعلي  أل  إبراهيم وبارِكْ علي محمد وعلي أل محمد كما باركت علي  إبراهيم وعلي أل  إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد

3. Takbir ketiga dan membaca doa kepada mayit. Sebenarnya doa ini juga berbeda beda tergantung jenis mayitnya perepuan atau laki laki, satu atau banyak. Tapi ini bacaan globalnya.

اللهم اغْفِرْ لَهُ وارْحَمهُ وعافِهِ واعفُ عنه وأَكْرِمْ نُزولَهُ  ووسِّعْ مَدخلَهُ  واغْسِلْهُ بِماءٍ وثَلْج وبَرَدٍ ونَقِهِ من الخَطايا  كما يُنَقَي الثَوبُ الأَبْيَضُ   مِنِ الدَنَسِ وأَبْدِلْهُ دارًا خَيْرًا  مِنْ دَارِهِ وأَهْلًا خَيْراً من أهلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً   مِن  زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وعَذَابَ النارِ

4. Takbir ke empat dan membaca doa dibawah ini.

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ

5. Membaca salam sambil melirik ke sebelah kanan terlebih dahulu lalu kemuadian ke sebelah kiri.

Nah mungkin itulah sedikit pengetahuan saya yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini tentang tata cara sholat jenazah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan semoag kita selalu dipanjangkan umur dan senan tiasa melaksanakn ibadah kepada Allah Saw, Amiin
Advertisement