Bacaan Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab, Latin Lengkap Dan Artinya Shahih

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab, Latin Lengkap Dan Artinya Sholat dhuha adalah sholat yang dikerjakan pada setiap pagi kira kira dari jam 7 sampai datangnya waktu dhuhur, yang mana ada begitu banyak manfaat yang Allah berikan kepada siapa saja hambanya yang senan tiasa mengerjakan sholat sunah dhuha setiap harinya baik sedang senggang atu sedang sibuk.

Adapun untuk jumlah rakaatnya bisa dengan 2,4,8 sampai 12 rakaat. Dan dikerjakan dengan 1 salam di setiap 2 rakaat. Namun bagi yang merasa sibuk dengan kegiatannya bisa mengerjakan sholat dhuha ini paling sedikit 2 rakaat agar tidak mengganggu kegiatan yang sudah biasa, apalagi bagi orang yang bekerja di kantoran akan sangat mengganggu jika terlalu lama diluar ruangan.

Banyak sekali hikmah yang bisa kita dapat dari sholat dhuha ini berdasarkan hadist hadist yang diriwayatkan oleh baginda Rasul, diantaranya adalah Ghanimah {keuntungan} yang besar, Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia, sebuah rumah disurga, menperoleh pahala disore hari, mendapat pahala umroh, ampunan dosa dan saholat dhuha adalah sholatnya orang yang bertaubat.

Bacaan Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab, Latin Lengkap Dan Artinya Shahih


Dan pada kesempatan kali ini yang akan saya bagikan adalah bacaan doa sholat dhuha yang memang agak panjang dan rada sulit untuk dihafal. Silahkan disimak doanya dibawah.


  اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.


Baca Juga doa setelah tahajud

Memang doa sholat dhuha ini cukup panjang, jadi kita akan agak susah menghafalnya sekali gus, tapi insya alloh jika kita sering membacanya lama kelamaan kita pasti akan menghafalnya. Dan sebaiknya kita mengahafal doa ini dengan arti/terjemahannya agar bisa menambah ke khusu an kita ketika berdoa. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan senan tiasa mengerjakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasul. Amiin




Advertisement