Tata cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Bacaan Doanya Lengkap Latin

Advertisement
Advertisement
Tata cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Bacaan Doanya Lengkap Latin Sholat tahajud adalah salah satu sholat dari sekian banyak sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari seperti witir yang mempunyai banyak keistimewaan , karena sholat ini dikerjakan pada saat kebanyakan orang sedang lelap tertidur, oleh karenanya wajar saja jika sholat tahajud ini sangat mengandung banyak khasiat bagi siapa saja yang bisa mengerjakannya.

Diantara keistimewaan dan keutamaan sholat tahajud adalah, orang yang bisa mengerjakannya akan diberi terkabul semua cita cita dan keinginannya, mendapat keberkahan rejeki, dimudahkan segala urusan dalam hidupnya, dan insya alloh akan selamat dunia dan akhirat. Kita lihat saja biografi ddari semua pemuka islam yang tenar dari zaman dahulu,seperti para sahabat nabi, ulama, dan para sholihin, beliau beliau ini tidak pernah meninggalkan sholat tahajud.

Bahkan jika mereka tidak sengaja meninggalkan sholat tahajud pada satu malam saja, mereka akan merasa sedih dan nelangsa, karena telah meninggalkan sholat yang begitu banyak khasiat dari sholat ini, dan juga waktu yang sudah terlewat tidak akan pernah bisa terulang kembali. Bahkan seperti yang sering kita dengar di media televisi ustadz yusuf mansyur selalu mengajak jemaah dan umat untuk selalu menegrjakan sholat tahajud.

Tata cara Sholat Tahajud Yang Benar Sesuai Sunnah Lengkap Latin Dan Bacaannya


Mungkin itulah sedikit begitu banyaknya khasiat yang bisa kita dapatkan dari sholat tahajud, dan jika kita mengerti arti dari doa sholat tahajud, saya jamin hati kita akan merasa terketuk dan mata pun akan mencucurkan airnya karena hidup kita selama ini sudah lalai dalam menjalankan ibadah kepada allah yang kebaikannya kembali pada diri kita sendiri.

Adapun untuk tata cara sholatnya sebenarnya sama seperti sholat sunnah pada umumnya dan bisa dikerjakan 4 rakaat maupun 8 rakaat dengan cara 1 salam pada setiap 2 rakaat, tidak ada perbedaan, hanya saja bedanya terletak pada waktunya saja, yang harus dikerjakan pada malam hari dan itupun harus tidur terlebih dahulu meskipun hanya sekejap. Dan jika kita tidak tidur dulu maka sholat itu tidak bisa dinamakan sholat tahajud, melainkan sholat sunnah biasa (mutlak).

Baiklah dibawah ini saya akan menulis tata cara sholat tahajud yang benar lengkap dengan bacaannya. Silahkan disimak.

1. Membaca niat sholat tahajud, dan tentunya dalam hati, berikut bacaannya.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala

2. Takbiratul ihram (Allahu Akbar). Namun takbiratul ihram ini harus pas berbarengan dengan niat, dalam arti pas kita menganggat tangan kita mengucapkannya dalam hati, dan pas kita beres mengucap niat dalam hati, kita juga harus sudah selesai menguicap (bar) di kata akbar dalam takbir.

3. Membaca doa iftitah, berikut bacaannya

 اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya : Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

4. Membaca surat al fatihah, lalu kemudian membaca salah satu surat dalam Al qur'an.
5. Ruku', 'itidal, sujud dua kali dan lanjutkan pada rakaat kedua.
6. Tasyahud akhir atau tahiyyat. Namun sebelum itu sangat dianjurkan membaca doa apa saja yang kita inginkan dalam sujud terakhir sebelum tasyahud akhir.

Mungkin itulah penjelasan tentang tata cara sholat tahajud secara singkat yang saya ketahui dari beberapa kitab karangan ulama ahli sunnah dan penerangan dari para guru saya. Semoga kita senan tiasa biasa mengerjakan sholat ini, supaya kita diberi surga di dunia maupun diakhrat. Amiin

Advertisement