Keutamaan Puasa Bulan Rajab Dan Keistimewaan Bulan Rajab

Advertisement
Advertisement
Keutamaan Puasa Bulan Rajab Dan Keistimewaan Bulan Rajab Bulan rajab merupakan salah satu diantara empat bulan yang dimuliakan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, sehingga keempat bulan ini disebut dengan bulan haram atau muharram yang mana pada bulan ini dilarang adanya peperangan atau dengan kata lain keempat bulan ini adalah bulan yang aman bagi umat islam.

Yang termasuk bulan haram yaitu : Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Dan bagaimanakah hukum mengerjakan puasa pada bulan rajab,? Sunnah kah, atau makruh..? Meskipun tidak ada hadist Nabi yang langsung menerangkan tentang kesunnahaan puasa bulan rajab, namun ada satu hadist yang menerangkan bahwa kita bagus jika mengerjakan puasa pada bulan rajab. Berikut hadistnya :

Diriwayatkan dari Mujibah al-Bahiliyah, Rasulullah bersabda "Puasalah pada bulan-bulan haram (mulia)." (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Keutamaan Puasa Bulan Rajab Dan Keistimewaan Bulan Rajab

Diriwayatkan dari al-Nasa'i dan Abu Dawud dan disahihkan oleh Ibnu Huzaimah: "Usamah berkata pada Nabi Muhammad Saw, “Wahai Rasulallah, saya tak melihat Rasul melakukan puasa (sunnah) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya'ban. Rasul menjawab: 'Bulan Sya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan oleh kebanyakan orang.'"

Dan ada satu lagi yang harus kita ingat selaku umat islam ahli sunnah waljama'ah, yaitu sudah sejak dahulu ulama ahli sunnah memegang teguh dan bersepakat mengamalkan hadis dha’if dalam konteks fada’il al-a’mal (amal- amal utama) termasuk puasa rajab.

Dengan seperti itu tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak mengerjakan puasa bulan rajab karena sudah jelas alasan dan keutamaanya jika kita mengerjakan puasa. Apalagi jika disambung dengan hadist keutamaan rajab berikut ini :

Riwayat Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad Saw bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku."
Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.

Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya."

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."


"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".

Mungkin hanya itu yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini tentang keutamaan puasa bulan rajab. Semoga banyak bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Advertisement