Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Latin Dan Arti Terjemahan Sesuai Sunnah

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Latin Dan Arti Terjemahan Sesuai Sunnah Sholat tahajud adalah sholat yang dikerjakan pada waktu malam hari setelah kita tidur/bangun tidur. Dan kalau dilihat dari kata sholat tahajud ini artinya sholat malam atau sholat yang dikerjakan di malam hari dan tentunya sesudah tidur terlebih dahulu. Banyak keutamaan yang Allh berikan kepada umatnya yang bisa memaksakan dirinya untuk bisa mengerjakan sholat ahajud secara terus menerus atau istiqomah, salah satunya dalah mendapat keberkahan hal duniawi dan ukhrawi nya. Bahkan para ulama terdahulu juga terus menerus mengerjakan sholat tahajud setiap malam, baik itu 2, 4 rakaat, 8 rakaat.

Jika kita melakukan sholat tapi kita belum tidur, maka sholat itu bukan dinamakan sholat tahajud,  melainkan sholat sunnah malam saja {qiyamul lail}. Adapun untuk waktu sholat tahajud terbagi menjadi 3 bagian, yaitu satu sepertiga malam awal, kira kira dari jam 21-00, dua pas tengah malam mulai dari jam 00-03, dan yang ketiga sepertiga akhir malam, dari jam 03- masuk waktu subuh.

Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah terkabulnya doa doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT, seperti halnya keutamaan doa sholat dhuha. Karena pada waktu malam hari adalah salah satu waktu ijabah doa atau mustajab. Karena dikala orang lain tertidur lelap atau malah asyik bergadang dan lupa kepada Allah kita khusu' beribadah dan berdoa, maka besar harapan doa kita akan terkabul terutama di bulan ramadhan.

Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin Dan Arti Terjemahan


Dan bagi yang belum mengetahui bacaan doa setelah sholat tahajud, dibawah ini saya tulis doanya dalam bahasa arab, latin dan artinya. Silahkan simak.

Doa Sholat Tahajud Bahasa Arab


اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya : Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Seperti yang sudah kita tahu malam hari adalah waktu yang mustajab, dan banyaknya godaan dari setan untuk melakukan kelalaian dan maksiat kepada Allah, makan akan bagus sekali jika kita selalu mengerjakan sholat tahajud dan membaca doa sholat tahajud. Namun bukan hanya sholat tahajud yang bisa kita kerjakan, kita juga bisa sholat hajat, taubat, istikharah, dan sholat sunnah mutlak.
Advertisement